Jurnal Manajemen Pendidikan
Vol 4 No 1 (2015): JANUARI

PENGELOLAAN PEDAGOGI IGNASIAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP KANISIUS JAKARTA PUSAT

Said Hutagaol (Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Kristen Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini fokus kepada pengelolaan Pedagogi Ignasian yang menekankan aspek konteks, pengalaman, reflekksi, aksi dan evaluasi di SMP Kanisius Jakarta Pusat. Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan cara pengelolaan Pedagogi Ignasian dalam pembentukan karaktersiswa di SMP Kanisius Jakarta Pusat. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kanisius Jakarta Pusat dari bulan Agustus 2012 sanpai dengan April 2013. Obyek penelitian ini adalah pengelolaan Pedagogi Ignasian yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif murni non hipotesis.Hasil studi menyimpulkan bahwa pengelolaan Pedagogi Ignasian yang menekankan konteks – pengalaman – refleksi – aksi – evaluasi, tidak hanya terjadi dalam proses pembelajaran di dalam kelas, tetapi dalam seluruh proses pembelajaran yang terjadi di SMP Kanisius termasuk proses pembelajaran yang terjadi di luar kelas dalam kegiatan Olah Raga, Olah Kepemimpinan dan Olah Rasa. Dan dari semua ini diharapkan para siswa sungguh dapat tumbuh dan berkembang dengan kepribadian yang utuh, dalam arti segi akademis (intelektual) berkembang dengan baik dan optimal demikian juga dengan aspek kepribadian mereka.Kata kunci : konteks, pengalaman, refleksi, aksi dan evaluasi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

The Journal of Education Management publishes scientific papers in the form of conceptual ideas, studies and application of theories as well as research results in education and teaching at the elementary, junior/senior high, and university/college levels. Journal of Educational Management aims to ...