Penelitian ini merupakan jenis penelitian guasy eksperimental dengan pendekatan kuantitatif dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Kelas X IPA SMAN 1 Kepahiang. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas X IPA SMAN 1 Kepahiang dengan teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah cluster sampling . Pada penelitian ini kelas X IPA 6 merupakan kelas eksperimen atau kelas yang diberi perlakuan pada pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik dan siswa kelas X IPA 1 merupakan kelas kontrol yang diberi perlakuan pada pembelajaran mateatika dengan pendekatan kontekstual. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar tes kemampuan berpikir tingkat tinggi . Data yang diperoleh dianalisis dengan Anava Mixed Design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran Matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah berupa meningkatnya rata-rata nilai posttes jika dibandingkan dengan rata-rata nilai pretes sebesar 97,5 % untuk kelas eksperimen , sedangkan 96,9 % untuk kelas kontrol dengan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higt Order Thingking Skills) dengan adanya peningkatan rata-rata nilai posttes yang dibandingkan dengan rata-rata nilai pretes sebesar 97,4 % untuk Kelas eksperimen dan 96,7 % untuk Kelas kontrol dengan pendekatan kontekstual.
Copyrights © 2017