Tujuan penelitian ini Menghasilkan model pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kompetensi peserta didik SMP di Kota Bengkulu. Untuk mencapai tujuan ini dilakukan penelitian mengenai diskusi kuantitatif dan kualitatif (campuran) dengan penerapan studi dokumentasi, diskusi kelompok terarah, wawancara mendalam, dan observasi kelas. Tahap kedua adalah pengembangan dengan menerapkan Model 4-D untuk menghasilkan model pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif yang dapat meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran matematika di SMP-SMP Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini Model Pembelajaran Matematika SMP (MPMSMP) valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kompetensi matematika siswa SMP. Produknya adalah Buku Model Pembelajaran, dan Prototipe Perangkat Pembelajaran sebagai salah satu sistem pendukung model pembelajaran tersebut. Kata-kata Kunci : Kompetensi Siswa, Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran
Copyrights © 2017