PENDIPA Journal of Science Education
Vol 2, No 2 (2018): june

Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa

Dwi Mentari (Unknown)
Sumpono Sumpono (Unknown)
Aceng Ruyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2018

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengemas hasil profil protein hati Mus musculus dengan elektroforesis dua dimensi ke dalam buku elektronik (e-book), dan mengetahui kemampuan berpikir kreatif  mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran menggunakan media e-book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research). Hasil penelitian ini  yaitu media pembelajaran e-book yang dibangun berdasarkan hasil riset secara struktural terdiri dari; a) pendahuluan, b) materi isi elektroforesis, c) analisis hasil penelitian,  d) kesimpulan, e) evaluasi, dan f) biodata penulis. Setelah e-book diimplementasi terhadap mahasiswa sebanyak 30 orang menunjukkan bahwa mahasiswa yang berpikir sangat kreatif berjumlah 19 orang (63%), mahasiswa berpikir kreatif 7 orang (23,3%), dan mahasiswa berpikir cukup kreatif 3 orang (13,3%).Kata kunci : E-book ; elektroforesis 2-D; kemampuan berpikir kreatif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...