PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 1 (2017): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD CEMARA INDAH KOTA PEKANBARU

Radhiyatul Fitri (Unknown)
Rensia Pradipta (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2017

Abstract

Penerapan media audio visual dalam pembelajaran “moral” tepat dilakukan guna meningkatkan moral anak dengan hal ini anak akan memperoleh pemahaman sendiri tentang pesan-pesan moral yang diperoleh melalui film, cerita, baik yang dipahami melalui pendengaran ataupun penglihatan. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan penerapan media audio visual untuk meningkatkan perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di PAUD Cemara Indah II Kota Pekanbaru. Peneleitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observsi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dijelaskan di dalam penelitian ini secara umum perkembangan moral anak mengalami peningkatan sehingga nilai rata-rata akhir dari pra siklus, siklus I dan siklus II sebesar 71,2 % dan berada dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dalam perkembangan moral anak di TK Cemara Indah 2 Kota Pekanbaru telah menunjukkan perkembangan yang baik. Jika penerapan media audio visual dimaksimalkan dalam proses pembelajaran maka akan memberikan kemudahan bagi anak untuk dapat merangsang perkembangan moral mereka, selain itu juga memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi terutama berkaitan dengan pembelajaran moral.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

paud-lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

PAUD Lectura is a journal published by PG-PAUD FKIP Lancang Kuning University. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published periodically twice a year, in October and April. The ...