Abstrak Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Agama Islam terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi terhadap 30 orang anak Di TK Al-hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif melalui uji t yaitu uji hipotesis dalam penelitian ini digunakan untuk menguji signifikansi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis mendapatkan bahwa variabel independen yaitu Pembelajaran Agama Islam (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun (Y). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen Pembelajaran Agama Islam yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Kemudian melalui uji t dapat diketahui nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dengan demikian Ha diterima maka Pembelajaran Agama Islam berpengaruh signifikan terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun.
Copyrights © 2018