Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 1, No 1 (2016): JUli 2016

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAM KOOPERATI TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SUB MATERI DINAMIKA LITOSFER KELAS X-7 SMA NEGERI 1 LOHIA

Wa Ode Jumiati, Wa Ode Jumiati (Unknown)
Ramli, Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitasbelajar siswa, dan hasil belajar Geografi melalui model pembelajaran kooperatif tipepicture and picture pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Lohia. Jenis penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam dua siklus. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Lohia yang terdaftar pada semestergenap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, yang terdiri dari11 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Analisis data dengan statistikdeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas mengajar guru pada setiapsiklus cenderung meningkat hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata setiap siklus, padasiklus I skor rata-rata aktivitas guru adalah 2,9 (cukup) dan meningkat pada siklus IImenjadi 3,7 (baik). (2) Aktivitas belajar siswa yang diajar pada setiap siklus cenderungmeningkat. Pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa adalah 2,5 (cukup mengarah kebaik), siklus II menjadi 3,5 (baik mengarah kesangat baik). (3) Hasil belajar geografisiswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Lohia dapat ditingkatkan dengan menerapkan modelpembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada materi pokok dinamika litosfer.Kata kunci : tipe picture and picture, Siswa, Guru, Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...