Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitasbelajar siswa, dan hasil belajar Geografi melalui model pembelajaran kooperatif tipepicture and picture pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Lohia. Jenis penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam dua siklus. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Lohia yang terdaftar pada semestergenap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, yang terdiri dari11 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Analisis data dengan statistikdeskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas mengajar guru pada setiapsiklus cenderung meningkat hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata setiap siklus, padasiklus I skor rata-rata aktivitas guru adalah 2,9 (cukup) dan meningkat pada siklus IImenjadi 3,7 (baik). (2) Aktivitas belajar siswa yang diajar pada setiap siklus cenderungmeningkat. Pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa adalah 2,5 (cukup mengarah kebaik), siklus II menjadi 3,5 (baik mengarah kesangat baik). (3) Hasil belajar geografisiswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Lohia dapat ditingkatkan dengan menerapkan modelpembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada materi pokok dinamika litosfer.Kata kunci : tipe picture and picture, Siswa, Guru, Hasil Belajar
Copyrights © 2016