Prosiding Seminar Nasional Darmajaya
Vol 1 (2017): SEMNAS IIB DARMAJAYA

OPTIMASI KINERJA ECU (ELECTRONIC CONTROL UNIT) MELALUI PEMROGRAMAN REMAPPING PADA MESIN EFI

Mintoro, Sigit (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Remapping derajat pengapian pada sistim mesin injeksi merupakan pengapian 3 dimensi digunakan sebagai penentu derajat pengapian yang berhubungan dengan kinerja mesin.Sistim dalam pengapian ini akan meningkatkan optimasi kinerja ECU terhadap performa mesin baikpada putaran mesin rendah maupun putaran tinggi.Dengan melakukan remapping pada system pengapian mesin efi akan meningkatkan daya mesin, torsi mesin, menghemat bahan bakar dan waktu akses sensor dan actuator akan menjadi lebih efisien terhadap ECU sebagai control utama pada kendaraan.Dengan melakukan optimasi kinerja ECU melalui pemrograman remapping pada mesin injeksi, dengan mengambil data-data melalui engine scanner tooll dariElectronic Control Unit (ECU) dan software VEMS Tune.Dalam software VEMS ini dapat merubah database pada ECU, yang memiliki program untuk mengontrol kinerja ECU terhadapmesin injeksi melalui input sensor-sensor dan output pada actuator.Dalam penelitian ini dilakukan beberapa kali pengujian sehingga kinerja ECU mendapatkan hasil yang maksimal pada posisi derajat pengapian yang tepat yaitu ignition timing maju 15% akan menghasilkan daya dan konsumsi bahan bakar yang ideal sesuai dengan kapasitas mesin injeksi sehingga kinerja ECU akan lebih baik.Remapping ECU pada derajat pengapian dilakukan untuk menghasilkan kinerja ECU terhadap mesin ijeksi mengalami peningkatan mulai dari 25 % hingga 60% dan dapat mengurangi efisiensi mesin.Kata kunci : Kinerja ECU,ignition timing, dan pemrograman remapping

Copyrights © 2017