Indonesian Journal of Primary Education
Vol 1, No 1 (2017): Indonesian Journal of Primary Education

Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Bermain Peran dalam Film Pendek

Sudirman, Kemas (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2017

Abstract

Siswa akan terdorong untuk belajar manakala mereka memiliki minat. Pengembangkan minat belajar siswa merupakan salah satu teknik dalam meningkatan motivasi belajar. Salah satu cara yang logis untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran adalah mengaitkan pengalaman belajar dengan minat siswa. Ada beberapa materi pelajaran yang sukar bila dijelaskan dengan kata-kata belaka. Maka perlu didramatisasikan, Salah satu materi dalam Pendidikan Agama Islam yang sukar bila hanya dijelaskan dengan kata-kata adalah “Qada dan Qadar”.  Melalui bermain peran dalam film pendek terbukti dapat meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.  Sebelum pembelajaran melalui bermain peran, siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 8 orang atau 40% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 12 orang atau 60%. Setelah pelaksanaan pembelajaran melalui bermain peran, siswa yang tuntas sebanyak 20 orang atau 100%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...