Indonesian Journal of Primary Education
Vol 1, No 1 (2017): Indonesian Journal of Primary Education: June 2017

Keterampilan Mengarang Melalui Pendekatan Saintifik di SD

Tatang Tatang (SDN Lenteng Agung 07, Jagakarsa, Jakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2017

Abstract

Peningkatan Keterampilan Mengarang Melalui Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar Kelas V SDN Lenteng Agung 07 Jakarta Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengarang melalui pendekatan saintifik.Metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut adalah metode ceramah, diskusi,tanya jawab, demonstrasi ( gambar Monas dua dimensi dan video tentang Monas). Sebelum penulis melaksanakan pembelajaran diawali dengan  mengadakan observasi sebelum dan sesudah tindakan.Instrumen tes yang digunakan adalah mengerjakan karangan berdasarkan gambar yang ditayangkan. Penerapan pendekatan saintifik dapat dilakukan karena menunjukkan adanya perbaikan atau peningkatan keterampilan mengarang bagi siswa kelas V SD Negeri Lenteng Agung 07. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

IJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, ...