Educan : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 1, No 1 (2017)

Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMPN 2 Ponorogo)

Ahmad Saifulloh (Universitas Darussalam Gontor)
Imam Safi’i (Universitas Darussalam Gontor)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2017

Abstract

Penilaian adalah bagian yang sangat penting dalam pembelajaran dan pengajaran. Jika pembelajaran mempunyai peran yang penting dalam mengembangakan spiritual siswa, maka fungsi evaluasi sebagai penyedia informasi untuk menialai kesuksesan belajar sangat dibutuhkan. Tanpa adanya kegiatan evaluasi, tidak akan ditemukan informasi tentang baik buruknya kegiatan belajar mengajar yang sudah diterapkan. Dalam beberapa aturan, etika dan perbuatan tidak bisa diabaikan dalam evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan (1) Rencana evaluasi belajar dalam Pendidikan Agama Islam di SMP 2 Ponorogo. (2) Penerapan evaluasi belajar pada materi Pendidikan Agama Islam kelas Sembilan SMP 2 Ponorogo. (3)  Hasil dari evaluasi pembelajaran materi Pendidikan Agama Islam pada kelas Sembilan SMP 2 Ponorogo dan feedback yang didapat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan metode induktif. Data akan dianalisa menggunakan metode desktiptif kualitatif. Proses pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya tahap perencanaan telah dirumuskan dalah tahapan evaluasi.  Secara umum pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran PAI di SMP N 2 Ponorogo bisa dinyatakan tidak baik walaupun pelaksanannya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip evaluasi pendidikan, seperti: prinsip berkesinambungan, menyeluruh dan objektif dan alat ukur yang dipergunakan valid dan reliabel yakni dapat mengukur sesuai dengan apa yang mau diukur dan hasil yang diperoleh dapat dipercaya. akan tetapi dalam pelaksanaanya tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

educan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Educan: Jurnal Pendidikan Islam is a journal published by Islamic Education Departement Faculty of Education University of Darussalam Gontor. ISSN : 2597-9043. It publishes only original papers on Islamic education. Educan is a scientific media to develop the quality of academicians in Islamic ...