FamilyEdu
Vol 4, No 1 (2018)

Perancangan Modul Kerajinan Untuk Madrasah Tsanawiyah Nurussalam Ciamis

Putri, Luthfia Disha (Unknown)
Abas, Tati (Unknown)
Ningsih, Mirna Purnama (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini berdasarkan analisis lapangan belum tersedianya modul kerajinan yang dapat mempermudah guru maupun peserta didik dalam mempelajari cara membuat karya kerajinan di MTs Nurussalam Ciamis, berdasarkan analisis tersebut maka dirancanglah modul berbasis Project Based Learning (PjBL), dengan  melaksanakan expert judgement,  sehingga menghasilkan modul kerajinan berbasis PjBL. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan pendekatan ADDIE yang telah dimodifikasi oleh peneliti sesuai dengan kebutuhan, sehingga peneliti hanya melakukan empat tahapan yaitu Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Hasil perancangan modul kerajinan berbasis PjBL divalidasi oleh ahli kurikulum dan ahli kerajinan, sehingga berada pada kategori layak untuk digunakan, ketercapaian kriteria tersebut terdiri dari aspek isi dengan komponen berupa bagian pembuka, bagian inti dan bagian penutup serta menghasilkan modul kerajinan berbasis PjBL. Rekomendasi diajukan kepada guru mata pelajaran prakarya modul yang sudah dirancang oleh peneliti layak digunakan  pada mata pelajaran prakarya pada aspek kerajinan, dan Bagi calon peneliti, khususnya untuk pengembangan modul di MTs Nurussalam Ciamis agar bisa dikembangkan pada modul kerajinan berbahan organik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

familyedu

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

FamilyEdu Journal is a media distribution and dissemination of research results, studies and ideas in the field of education, especially Family Welfare Education and Home Economiccs Education. The editors receive written contributions from research findings and studies in the field of Family Welfare ...