Publika
Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Publika

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PELAYANAN ORGANISASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA TANGERANG TAHUN 2016

Ahwazi, Tuhpatul ( Program Magister Administrasi Publik, Universitas Esa Unggul Jl. Arjuna Utara No. 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510)
Cholifihani, Muhammad ( Program Magister Administrasi Publik, Universitas Esa Unggul Jl. Arjuna Utara No. 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2018

Abstract

AbstractDue to importance of the health service, therefore is needed quality improvement and health services, so there are many factors affected. In this research the factors that affected in health service is an activity results as an individual or organization who have the same goals to fullfill necessary by means of others person activity. The Purpose : (1) to determine the affect between Proffesionalism and service organization performance in RSUD Tangerang city. (2) to determine the affects between leadership and service organization performance RSUD Tangerang city. (3) to determine the affects between an authority of management and service organization performance in RSUD Tangerang city. This research is quantitative research. In this research there are four variables, Proffesionalism (X1), Leadersip (X2), an authority of managements (X3) and service organisation performance (Y). Variable measurement in this research is using ordinal scala. Data were collected through questionnaire. The result of this research show that (1) Proffesionalism variable affets to service organization performance in RSUD Tangerang city with probability value 0,0002, (2) Leadership variable affects to service organization performance in year 2016 with probability value 0,0018, (3) An authority management variable doesn’t affect to service organization performance in year 2016 with probability value 0,204. Keywords : factors affecting service organization performance, professionalism, leadership AbstrakMengingat pentingnya pelayanan kesehatan, maka perlu adanya meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan, tentu saja banyak faktor yang mempengaruhi. Dalam hal ini faktor-faktor yang mempengaruhi kualitias pelayanan kesehatan adalah kinerja pelayanan di rumah sakit. Tujuan dalam (1) Untuk mengetahui pengaruh antara profesionalisme dengan kinerja pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanggerang. (2) Untuk mengetahui pengaruh antara kepemimpinan dengan kinerja pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanggerang. (3) Untuk mengetahui pengaruh antara kewenangan diskresi dengan kinerja pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanggerang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini ada 4 variabel, yaitu profesionalisme (X1), kepemimpipinan (X2), kewenangan direksi (X3), dan kinerja pelayanan organisasi (Y). Pengukuran variabel dalam penelitian ini menggunakan skala ordinal. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa1) Variabel Profesionalisme berpengaruh terhadap Kinerja Pelayanan Organisasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang Tahun 2016 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000.2) Variabel Kepemimpinan berpengaruh terhadap Kinerja Pelayanan Organisasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang Tahun 2016 dengan nilai probabilitas sebesar 0,018. 3) Variabel Kewenangan Direksi tidakberpengaruh terhadap Kinerja Pelayanan Organisasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang Tahun 2016 dengan nilai probabilitas sebesar 0,204. Kata kunci : faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan organisasi, profesionalisme, kepemimpinan

Copyrights © 2016