JANGKA
Vol 1 (2014): JANGKA

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKANMETODPEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENTDIVISION(STAD) DAN METODE PEMBELAJARANDIRECTINSTRUCTION (DI) DITINJAU DARIMOTIVASI BERPRESTASI PADA MATERIPOKOK KUBUS DAN BALOK SISWAKELAS VIII SEMESTER GENAPMTs NEGERI JOGOROGO

Yuliana, Candra ( Prodi Pendidikan MatematikaSTKIP PGRI NGAWI)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui pengaruh pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan metode pembelajaranDirect Instruction (DI) terhadap prestasi belajar siswa, 2) mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa, 3) mengetahui interaksiantarametodepembelajaran dan motivasi berprestasi dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen, dilakukan pada bulan Februari hingga Juli 2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Jogorogo dengan sampelsiswa kelas VIIIC dan siswa kelas VIIIA tahun pelajaran 2013/2014. Kelas VIIIC menggunakan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas VIIIA menggunakan metode pembelajaran Direct Instruction (DI). Pengumpulan data melalui tes prestasi kognitif, angket afektif, angket motivasi berprestasi. Hipotesis diuji dengan anava dua jalan.Dari analisis varians dua jalan dengan taraf signifikan  untuk hipotesis pertama diperoleh Fhitung> Ftabel di mana Fhitung = 7,5614 dan Ftabel = 4,00 sehingga H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Matematika menggunakan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan metode pembelajaran Direct Instruction (DI) terhadap prestasi belajar siswa. Untuk hipotesis kedua diperoleh Fhitung<  Ftabel di mana Fhitung = 1,0071 dan Ftabel = 4,00 sehingga H0 diterima. Hal ini membuktikanbahwa tidak terdapat pengaruh motivasi berprestasi dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa. Dan untuk hipotesis ketiga diperoleh Fhitung< Ftabel di mana Fhitung = 0,0489 dan Ftabel = 4,00 sehingga H0 diterima. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan, dalam pembelajaran Matematika dapatdiajarkan menggunakan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan metode pembelajaran Direct Instruction (DI). Karena metode pembelajaran memiliki pengaruh dalam pembelajaran Matematika, guru hendaknya menjadi lebih kreatif dalam mengembangkan model pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Student Team Achievement Division (STAD),Direct Instruction (DI), Motivasi Berprestasi, Kubus dan Balok

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JNK

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

MERUPAKAN WAHANA PUBLIKASI ILMIAH BAGI CIVITAS AKADEMI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI NGAWI. MEMUAT HASIL RISET, GAGASAN DAN IDE APLIKATIF MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN ...