JANGKA
Vol 3 (2016): JANGKA

PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KREATIVITAS SISWA

nuryanti, siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dan Contexstual Teaching and Learning (CTL)terhadap prestasi belajar bsiswa. 2)  Untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa. 3) untuk mengetahui interaksi antara metode Problem Based Learning (PBL) dan Contexstual Teaching and Learning (CTL) terhadap kreativitas siswa. Penelitian ini bersifat Eksperimen. Populasi  peneltian ini adalah siswa kelas X Akutansi, dengan sampel kelas Akutansi A berjumlah 40 siswa dan Akutansi B berjumlah 40 siswa. Kelas X Akutansi A menggunakan metode (PBL) dan X Akutansi B menggunakan meode Contexstual Teaching and Learning (CTL). Pokok bahasan yang digunakan adalah Akar da LogaritmaTahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data melalui tes prestasi kognitif dan tes kreativitas, Hipotesis diuji dengan anava dua jalan.Dari analisis varian dua jalan dengan taraf signifikan ɑ = 5% untuk hipotesis pertama diperoleh Fhitung < Ftabel dimana Fhitung = 1,4617 dan Ftabel = 3,9668 sehingga H0 diterima. Hal ini membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan antara pembelajaran matematika menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dan Contexstual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa. Untuk hipotesi kedua diperoleh Fhitung > Ftabel dimana Fhitung = 32, 2404 dan Ftabel = 3,9668 sehingga H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar. Dan untuk Hipotesis ketiga diperoleh Fhitung > Ftabel dimana Fhitung = 10,9389 dan Ftabel = 3,9668 sehingga H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat interaksi antara metode Problem Based Learning (PBL) dan Contexstual Teaching and Learning (CTL) terhadap kreativitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukan, (1) Tidak teradpat pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dan Contexstual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi siswa. (2) Ada interaksi antara kreativitas terhadap prestasi belajar siswa. (3) Ada interaksi antara metode Problem Based Learning (PBL) dan Contexstual Teaching and Learning (CTL) terhadap kreativitas siswa pada prestasi belajar siswa. prestasi beajar siswa dengan kreativitas tinggi lebh baik dari pada prestasi belajar siswa dengan kreativitas rendah. Karena kreativitas berpengaruh terhadap pembelajaran matematika. Guru hendaknya melibatkan siswa aktif dalam pemeblajaran agar siswa dapat memahami materi dengan caranya sendiri, agar siswa juga mampu menerapkan pembelajaran matematika dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga tidak hanya materi saja yang diterima siswa, tetapi juga proses pembelajaran yang menyenangkan.Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Problem Based Learning (PBL), contextual Teaching and Learning (CTL), Kreativitas, Akar dan Logaritma.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JNK

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

MERUPAKAN WAHANA PUBLIKASI ILMIAH BAGI CIVITAS AKADEMI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI NGAWI. MEMUAT HASIL RISET, GAGASAN DAN IDE APLIKATIF MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN ...