JANGKA
Vol 1 (2014): JANGKA

STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN TRANSFORMASI SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 4 KUNINGAN TAHUN

Sari Dewi, Desiana Perdana ( 1Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Ngawi)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2014

Abstract

The purpose of this study was to: 1) determine the effect of learning Mathematics using Student Inside Outside Circle (IOC) and Team Assisted Individualization (TAI) on student achievement, 2) determine the effect of creativity in learning mathematics on student achievement, 3) determine the interaction between learning method and creativity in learning mathematics on student achievement. The collection of data through tests of cognitive achievement, affective questionnaire, creativity questionnaire. The hypothesis was tested with a 2 way ANOVA. From the data analysis it is concluded that: 1) There is the influence of mathematics learning using learning methods Inside Outside Circle (IOC) and Team Assisted Individualization (TAI) learning methods on student achievement 2) There is not the influence of  creativity in learning mathematics on student achievement 3) There is not interaction between method of learning and creativity in mathematics learning on student achievement. Keywords: Learning Mathematics,Inside Outside Circle (IOC),Team Assisted Individualization (TAI),Creativity,Studen, Transformation. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui pengaruh pembelajaran Matematika menggunakan Inside Outside Circle (IOC) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar siswa, 2) mengetahui pengaruh kreativitas dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa, 3) mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kuningan dengan sampel kelas VIIG dan VIIH tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data melalui tes prestasi kognitif, angket afektif, angket kreativitas. Hipotesis diuji dengan anava 2 jalan.Dari analisis data diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Terdapat pengaruh pembelajaran Matematika menggunakan metode pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar siswa 2) Tidak ada pengaruh kreativitas dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa 3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa Kata Kunci :  Studi Komparasi, Inside Outside Circle (IOC), Team Assisted Individualization (TAI), kreativitas, Transformasi.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JNK

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

MERUPAKAN WAHANA PUBLIKASI ILMIAH BAGI CIVITAS AKADEMI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI NGAWI. MEMUAT HASIL RISET, GAGASAN DAN IDE APLIKATIF MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN ...