JANGKA
Vol 3 (2016): JANGKA

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN SNOWBALL THROWING DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA

kasanah, Anis lutfiyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui perbedaan pembelajaran matematika menggunakan metode Make a Match dan Snowball Throwing terhadap prestasi belajar, 2) untuk mengetahui pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar siswa, 3) untuk mengetahui interaksi antara metode pembelajaran Make a Match dan Snowball Throwing dengan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X dengan sampel kelas X MIA V dan X MIA IV tahun ajaran 2016/2017. Kelas X MIA V menggunakan metode pembelajaran Make a Match dan kelas X MIA IV menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing. Pengumpulan data melalui tes prestasi kognitif, tes kreativitas dan angket afektif. Hipotesis diuji dengan analisis varians dua jalan dengan taraf signifikan  untuk hipotesis pertama diperoleh Fhitung > Ftabel di mana Fhitung=6,9006 dan Ftabel=3,9909 sehingga H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan pembelajaran Matematika menggunakan metode Make a Match dengan metode Snowball Throwing terhadap prestasi belajar siswa. Untuk hipotesis kedua diperoleh Fhitung > Ftabel di mana Fhitung=23,2241dan Ftabel=3,9909 sehingga H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kreativitas dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa. Dan untuk hipotesis ketiga diperoleh Fhitung < Ftabel dimana Fhitung=1,7089 dan Ftabel=3,9909 sehingga H0 diterima. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada interaksi antara metode pembelajaran Make a Match dan Snowball Throwing dengan kreativitas dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan, pembelajaran Matematika dapat diajarakan menggunakan metode pembelajaran Make a Match dan Snowball Throwing. Karena Kreativitas tinggi memilik pengaruh dalam pembelajaran matematika, guru hendaknya melibatkan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Selain itu, agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan.Kata Kunci :  Pembelajaran Matematika, Pembelajaran kooperatif, Make a Match, Snowball Throwing, Kreativitas.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JNK

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

MERUPAKAN WAHANA PUBLIKASI ILMIAH BAGI CIVITAS AKADEMI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI NGAWI. MEMUAT HASIL RISET, GAGASAN DAN IDE APLIKATIF MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN ...