Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui pengaruh pembelajaran Matematika menggunakan Student Team Achievement Division (STAD) dan Snowball Throwing terhadap prestasi belajar siswa, 2) mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa, 3) mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Paron dengan sampel kelas VIIB dan VIIC tahun pelajaran 2013/2014. Kelas VIIB menggunakan metode pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas VIIC menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing. Pengumpulan data melalui tes prestasi kognitif, angket afektif dan angket motivasi berprestasi. Hipotesis diuji dengan anava dua jalan. Dari analisis data diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Terdapat pengaruh pembelajaran Matematika menggunakan metode pembelajaran Student team Achievement Division (STAD) dan metode pembelajaran Snowball Throwing . 2) Terdapat pengaruh motivasi berprestasi dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa. 3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran Matematika dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa.Kata Kunci :Â Pembelajaran Matematika, Student Team Achievement Division (STAD), Snowball Throwing, Motivasi Berprestasi, Statistika
Copyrights © 2014