JANGKA
Vol 3 (2016): JANGKA

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF JIGSAW I DAN JIGSAW II DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA

Fitroh, Binti Awalul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui perbedaan  pembelajaran Matematika menggunakan strategi belajar kooperatif Jigsaw I dan Jigsaw II terhadap prestasi belajar siswa, 2) mengetahui pengaruh kreativitas siswa dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa, 3) mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas siswa dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 1 dengan menggunakan strategi belajar kooperatif Jigsaw II dan kelas X MIA 2 dengan menggunakan strategi belajar kooperatif Jigsaw I. Pengumpulan data melalui tes prestasi kognitif, tes kreativitas dan angket afektif. Hipotesis diuji dengan anava dua jalan. Dari analisis varians dua jalan dengan taraf signifikan  untuk hipotesis pertama diperoleh Fhitung=5,3485 dan Ftabel=4,0162. Ini berarti Fhitung > Ftabel sehingga H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan  pembelajaran Matematika menggunakan strategi belajar kooperatif Jigsaw I dan Jigsaw II terhadap prestasi belajar siswa. Untuk hipotesis kedua diperoleh Fhitung=5,4835dan Ftabel=4,0162. Ini berarti Fhitung > Ftabel  sehingga H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kreativitas siswa dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa. Dan untuk hipotesis ketiga diperoleh Fhitung=0,8795 dan Ftabel=4,0162. Ini berarti Fhitung < Ftabel  sehingga H0 diterima. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada interaksi antara strategi belajar dan kreativitas siswa dalam pembelajaran Matematika terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika dapat diajarakan menggunakan strategi belajar kooperatif. Karena kreativitas siswa memiliki pengaruh dalam pembelajaran Matematika, maka guru hendaknya melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Selain itu, agar suasana pembelajaran menyenangkan maka perlu diterapkan strategi belajar yang bervariasi seperti strategi Jigsaw I dan Jigsaw II.Kata Kunci :  Pembelajaran Matematika, Strategi Belajar Kooperatif, Jigsaw I, Jigsaw II, Kreativitas 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JNK

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

MERUPAKAN WAHANA PUBLIKASI ILMIAH BAGI CIVITAS AKADEMI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI NGAWI. MEMUAT HASIL RISET, GAGASAN DAN IDE APLIKATIF MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN ...