Beta: Jurnal Tadris Matematika
Vol. 6 No. 2 (2013): Beta Nopember

Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Poster Session Terhadap Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematika Mahasiswa

Risnawati Risnawati (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2013

Abstract

Pemahaman konsep dan komunikasi matematika dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah metode pembelajaran. Pada umumnya, metode pembelajaran yang digunakan masih secara konvensional sehingga pemahaman konsep dan komunikasi matematika mahasiswa tergolong rendah. Mahasiswa cenderung hanya mendengar, mencatat definisi, rumus, contoh soal, dan mengerjakan latihan. Salah satu metode pembelajaran yang berpeluang untuk meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi matematika mahasiswa pendidikan matematika, fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riaun adalah model Problem Based Learning dengan Poster Session. Penelitian ini menerapkan metode quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah Randomized Control-Group Post-test Only Design. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan instrumen berupa tes pemahaman konsep, komunikasi dan lembar observasi. Jumlah sampel 69 mahasiswa yang tersebar dalam dua kelas. Analisis data dilakukan terhadap data hasil postes untuk melihat perbedaan rata-rata antara dua kelompok sampel dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data post-test diperoleh temuan pemahaman konsep dan komunikasi matematika mahasiswa yang diajar model PBL dengan Poster Session lebih tinggi dibandingkan dengan perkuliahan biasa. Berdasarkan temuan penelitian, maka penerapan model PBL dengan Poster Session dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi matematika.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

betaJTM

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Bετα: Jurnal Tadris Matematika (p-ISSN: 2085-5893 | e-ISSN: 2541-0458) is scientific, peer-reviewed, and open access journal published by Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram in collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika PTKIN (Ad-Mapeta) half-yearly on May ...