Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika)
2017: Prosiding SNPF III "Etnosains dan Peranannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa"

Analisis gaya belajar siswa sekolah menengah pertama negeri 5 Kota Madiun

Gedeon Anggra Jatikusumo (Universitas PGRI Madiun)
Tantri Mayasari (Universitas PGRI Madiun)
Erawan Kurniadi (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar siswa SMP di Madiun khususnya di SMPN 5 Kota Madiun. Gaya belajar yang dimaksud meliputi 3 gaya belajar, yaitu: Visual, Kinestetik, dan Auditori. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, angket, dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis diskriptif. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIII B SMPN 5 Madiun berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Sebanyak 37% siswa memiliki kecenderungan gaya belajar Visual, 40% siswa memiliki kecenderungan gaya belajar Auditori, dan 23% siswa memiliki kecenderungan gaya belajar Kinestetik. Sedikitnya siswa dengan gaya belajar Kinestetik dipenganruhi oleh kebiasaan metode belajar yang diterapkap oleh guru. Siswa sangat jarang diajak untuk melakukan praktikum sehingga kamampuan belajar secara Kinestetik tidak terasah, sebaliknya siswa lebih sering diajar dengan cara ceramah atau melihat tampilan gambar dan video menyebabkan kemampuan belajar secara Visual dan Auditori terasah dengan baik serta siswa akan menjadi terbiasa belajar menggunakan kedua cara tersebut. 

Copyrights © 2017