Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika)
2017: Prosiding SNPF III "Etnosains dan Peranannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa"

Students misconception about archimedes law

Indah Dwi Rahmawati (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
A Suparmi (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Widha Sunarno (Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2017

Abstract

Konsep merupakan hal yang paling utama dalam belajar fisika. Konsep yang benar dapat membantu siswa dalam menghadapi permasalahan yang kompleks. Konsep dalam hukum Archimedes terdiri dari serangkaian permasalahan yang jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari mengandung banyak persoalan yang membutuhkan daya analisa yang cukup kuat, sehingga tanpa pondasi konsep yang benar siswa akan merasa kesulitan untuk mengutarakan persepsinya secara benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan konsepsi dan persepsi siswa dalam memahami hukum Archimedes. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu para pengajar untuk dapat memilih metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 4 Madiun sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan konsepsi siswa dalam hukum Archimedes masih relatif tinggi. Kesalahan konsepsi ini mengakibatkan argumen yang mereka utarakan juga berbeda dari konsep sebenarnya.

Copyrights © 2017