EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DAN JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TAHUN AJARAN 2014/2015

Dian Trisna Wardani (IKIP PGRI MADIUN)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   (1)   Pengaruh   pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi. (2) pengaruh tingkat motivasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar ekonomi (3) interaksi antara motivasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMPN 3Satu Atap Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015, Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Model pembelajaran pada kelas eksperimen I yaitu kelas XI B sebanyak 36 siswa menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan pada kelas eksperimen II adalah kelas XI F sebanyak 35 siswa menggunakan metode Jigsaw. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes untuk data prestasi belajar ekonomi, angket untuk motivasi belajar siswa dan dokumentasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis varian dua jalan dengan  desain  faktorial  2x2  dan  taraf  signifikan  5%.  Sebelumnya  dilakukan  uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas dengan mengunakan software SPSS 17. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi. (2) Terdapat pengaruh tingkat motivasi tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar ekonomi (3) Tidak terdapat interaksi antara motivasi dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)  dan Jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and ...