EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA OBYEK WISATA DUMILAH WATER PARK MADIUN

Widyaninggar Resti Husodho (IKIP PGRI MADIUN)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kepuasan pelanggan pariwisata Dumilah Water Park Madiun, untuk menentukan loyalitas pelanggan pariwisata Dumilah Water Park Madiun, dan untuk mengukur apakah ada pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di bidang pariwisata Dumilah Water Park Madiun. Populasi dalam penelitian ini adalah 145 pengunjung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 106 pengunjung. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang telah diuji dan memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana meliputi uji korelasi, uji F dan t-test. Bantuan dalam menganalisis data menggunakan SPSS For Windows versi 16.0. Hasil yang diperoleh dari garis regresi Y = 29.981 + 0,505X, yang berarti bahwa jika ketika kepuasan pelanggan meningkat 1% maka loyalitas pelanggan akan meningkat 0.505% ketika faktor- faktor lain yang dianggap tetap. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat nilai rhitung0,495 dan rtabel  0,191. Berarti bahwa ada hubungan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dalam pariwisata Dumilah Water Park Madiun. Sementara, tingkat R² 0,245. Berarti, pengaruh kontribusi kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan 24,5% sedangkan sisanya 75,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini juga diperoleh nilai uji F, sedangkan nilai Fhitung 33.478 dan Ftabel 3,932 (Fhitung  > Ftabel 33.478 > 3,932). Satu sisi lain Sighit0,000 dan Sigprob 0,05 (Sighit  < Sigprob 0,000 < 0,05). Berarti ada pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di pariwisata Dumilah Water Park Madiun. Dalam t-test dilakukan menyusul di garis regresi Nilai thitung adalah 22.356 dan ttabel 1.771 (thitung  > ttabel 22.356> 1771). Di sisi lain Sighit 0,000 dan Sigprob 0,05 (Sighit  < Sigprob 0,000 < 0,05). Berarti bahwa ada efek yang berbeda dari kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di bidang pariwisata Dumilah Water Park Madiun. Berdasarkan uji korelasi, Uji F dan uji t dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari kepuasan pelanggan pada pariwisata loyalitas pelanggan Dumilah Water Park Madiun

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and ...