Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 1, No 2 (2017)

Interferensi sintaksis bahasa Indonesia dalam kemahiran berbahasa Arab (Studi edukatif materi Insyā’ di Ma‘had al-Jāmi‘ah UIN Walisongo Semarang)

Rohmatul Faizah (UPN Veteran Jawa Timur)
Wahyu Hanafi (IAI Sunan Giri Ponorogo)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interferensi bahasa (sintaksis) Indonesia ke dalam kemahiran berbahasa Arab santriwati Ma‘had al-Jāmi‘ah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, terutama dalam pembelajaran materi insyā’, faktor-faktor penyebab, serta solusi-solusi untuk meminimalisir terjadinya interferensi bahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah interferensi bahasa (sintaksis) pada hasil pembelajaran insyā santriwati terjadi pada problem tenses dan problem kesesuaian susunan yang meliputi: bentuk tunggal, ganda dan jamak (ifrād, taṡniyah dan jama’), jenis kelamin (mużakkar dan mu‘annaṡ), problem i‘rāb, problem kalimat verbal (jumlah fi’iyah), problem kalimat nominal (jumlah ismiyah), serta problem na’at dan iḍāfah. Interferensi bahasa ini terjadi karena faktor linguistik dan faktor non linguistik. Solusi-solusi untuk meminimalisir terjadinya interferensi bahasa adalah dengan mengganti metode mengajar yang tepat yang sesuai dengan pembelajaran, mencari teknik-teknik mengajar yang lebih dapat membantu santriwati dalam memperbaiki kesalahannya, serta mengevaluasi materi ajar.

Copyrights © 2017