Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Madiun. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang dipergunkan adalah sumber data primer dan skunder. Teknik yang dipergunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Dari hasil temuan yang berkaitan dengan fokus penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Silabus yang disusun tidak memuat rumusan kompetensi sikap dan penilaian sikap. Materi pokok tidak dibedakan antara fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. (2) Di dalam RPP tidak memuat rumusan tujuan. Materi pembelajaran tidak dibedakan antara faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. (3) Pada kegiatan pembelajaran, guru tidak mengajukan pertanyaan yang menantang untuk memotivasi dan tidak menyampaikan manfaat materi pembelajaran. Kegiatan presentasi kelompok kurang efektif. Guru tidak mendorong peserta didik untuk bertanya. (4) Pada kegiatan penutup, tes tulis dan tes lisan hanya digunakan sebagai tagihan proses. Hasil kerja kelompok juga tidak digunakan sebagai penilaian keterampilan. (5) Penilaian hasil belajar tidak digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan perencanaan.
Copyrights © 2017