Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 6, No 2 (2017)

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN PETA INDONESIA DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN CIANGGER 02

Zaenal Abidin Arief (Unknown)
Eneng Srihastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang penggunaan peta Indonesia dan minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Ciangger 02. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : (1) Apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang penggunaan peta Indonesia dengan hasil belajar IPS?, (2) Apakah terdapat hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS?, (3) Apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang penggunaan peta Indonesia dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS?. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini terdiri 43 orang. Yang dipilih dengan teknik random sampling. Dari hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang penggunaan peta Indonesia (X1) dengan hasil belajar IPS (Y) sebesar 0,678 dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ada di kategori kuat, . Besarnya kontribusi yakni 46 % . (2) Terdapat hubungan positif antara minat belajar (X2) terhadap hasil belajar IPS (Y) sebesar 0,552 dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ada di kategori sedang. Besarnya kontribusi yakni 30,5 %. (3) Korelasi berganda antara kedua variabel bebas dengan variabel terikat adalah sebesar 0,487. Sehingga kontribusi kedua variabel bebas dengan variabel terikat (X1 dan X2 terhadap Y) adalah sebesar 48,7%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...