JURNAL KEPARIWISATAAN
Vol 16 No 1 (2017): Kepariwisataan-Maret

PEMANFAATAN EVENT BAGI PEMASARAN PRODUK KAIN TENUN TRADISIONAL BALI

Satiadji, Amirosa Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2017

Abstract

demikian halnya dengan sektor industri.Salah satu bentuk hasil sektor industribudaya adalah kain tradisional Bali. Cempaka Butik merupakan salah satu usahaindustri di bidang kain tradisional Bali yang telah mengembangkan sektor industrifashion di Bali. Cempaka Butik mengikuti berbagai event untuk memasarkanproduk yang dihasilkannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui manfaat berbagai event dalam pemasaran produk kain tenuntradisional Bali oleh Cempaka Butik.Penelitian kualitatif ini menggunakan teknikwawancara, observasi lapangan, serta studi kepustakaan sebagai teknikpengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah event dapat membangun image,tempat pertemuan langsung dengan pasar dalam jumlah besar dalam periodewaktu tertentu, mengetahui tren pasar yang ada, danmembangun awareness.Dengan seringnya event diikuti, dapat pula mendukung pelestarian budaya.Seringnya kain tenun Bali ditunjukan kepada pasar, minat pasar, permintaan,dan kecintaan akan produk budaya semakin meningkat, sehingga produksi daripara pengerajin juga meningkat.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpar

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Kepariwisataan bertujuan untuk menyebarkan analisis kritis dari para periset dan akademisi mengenai berbagai isu-isu kepariwisataan baik dalam perpektif nasional maupun internasional. Jurnal ini diterbitkan setelah menjalani proses peer-double blinded-review oleh dewan reviewer. Secara ...