Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media permainan monopoli terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kuala Kabupaten Langkat dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling yaitu didapatkan siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini digunakan adalah tes uraian berjumlah 10 soal yang telah diuji validitasnya. Data penelitian yaitu dalam bentuk hasil belajar. Untuk data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Dengan data yang sudah terdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan  = 0,05. Nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen adalah 33 dan kelas kontrol adalah 30,79. Dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 71,73 dan kelas kontrol 48,84. Hasil uji t satu pihak Ha diterima t hitung > t tabel (13,39 >1,686), maka kesimpulan dari hasil uji t adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media permainan monopoli terhadap hasil belajar pada materi fluida statis.
Copyrights © 2016