PAEDAGOGIA
Vol 21, No 2 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 2 (2018)

PENINGKATAN INTERNALISASI KARAKTER MELALUI PENERAPAN MODEL SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS)

Hanifah Nur Diana (Pendidikan Biologi FKIP UNS Jl. Ir sutami no 36 A Jebres Surakarta)
Joko Arianto (Pendidikan Biologi FKIP UNS Jl. Ir sutami no 36 A Jebres Surakarta)
Sri Dwiastuti (Pendidikan Biologi FKIP UNS Jl. Ir sutami no 36 A Jebres Surakarta)
Muhtar Sanusi (SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan karakter internalisasi siswa melalui penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Lingkungan dan Masyarakat (SETS) di kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dua siklus. Data penelitian berasal dari  tes, kuesioner, dan teman, dan wawancara. Hasil pra-siklus dari pengamatan internalisasi yaitu 30,1% atau 1,2. Nilai rata-rata siswa adalah 2,1 atau 51,8% dan skor rata-rata sebaya adalah 1,7 atau 42%. Skor  pencapaian internal adalah 1,7 atau dengan persentase pencapaian sebesar 41,3%. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan internalisasi karakter siswa melalui penerapan model pembelajaran SETS . Hasil akhir adalah skor pengamatan karakterisasi internal 76,9%, siswa diri siswa 80,8%, dan demam sejawat 76,5%. Prestasi nilai internalisasi karakter siswa pada pra-siklus 41,3%, siklus I 60,8%, dan siklus II 78,1%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SETS dapat meningkatkan internalisasi karakter siswa kelas XI ke arah 2 (XI IPA 2) di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Kata Kunci: SETS, Internalisasi, Karakter

Copyrights © 2018