Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 2, No 1 (2017): May 2017

ANALISA PENGARUH KECERDASAN ADVERSITAS, KEPRIBADIAN ENTREPRENEURSHIP DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP INTENSITAS BERWIRAUSAHA (STUDI PADA FEB UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN)

Viviana Mayasari (FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN)
Dyah Perwita (FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN)



Article Info

Publish Date
28 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan pengaruh kecerdasan kesengsaraan, kepribadian kewiraswastaan, lokus pengendalian internal terhadap intensitas kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan teknik pemodelan statistik Structural Equation Modeling (SEM) yang bersifat cross sectional dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Penelitian saat ini terkait dengan kecerdasan dan intensitas kewirausahaan masih sangat terbatas bila sangat penting untuk melihat kesiapan pribadi berwirausaha. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner kepribadian pengusaha yang mengacu pada alat ukur Wirausaha Karakteristik Wirausaha (ECQ) yang dikembangkan oleh Frank Bezzina (2010).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan kesengsaraan, kewiraswastaan kepribadian dan lokus kontrol internal berpengaruh secara signifikan terhadap intensitas kewirausahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi ilmiah tambahan dan informasi mengenai tingkat intensitas kewiraswastaan, yang dimiliki oleh siswa sehingga dapat memberi masukan pada berbagai program kewirausahaan di FEB Universitas Jenderal Soedirman.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

equilibriapendidikan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal " Equilibria Pendidikan" (P-ISSN: 2548-6535; E-ISSN: 2615-6784).This journal published every May and November. Articles published contain scientific research results and the results of a study of books in the fields of applied economics and economic ...