Dinamis : Journal of Islamic Management and Bussiness
Vol 1, No 1 (2018): April

PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM DALAM BANK BERBASIS SYARIAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH

Adzan Noor Bakri (IAIN PALOPO)
Umi Masruroh Masruroh (IAIN PALOPO)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya lembaga keuangan syariah yang bermunculan dan semakin banyaknya bank syariah yang melayani jasa keuangan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin beragam. Dengan banyaknya perbankan syariah saat ini, tak lepas dari tudingan yang menyatakan bahwa perbankan syariah adalah bank konvensional yang hanya dibubuhi label syariah. Namun, dewasa ini bank syariah selalu berupaya menerapkan nilai-nilai Islam yang yang didasarkan pada prinsip syariah. Melihat upaya bank syariah, apakah nantinya nilai-nilai Islam mempengaruhi keloyalitasan nasabah, karena loyalitas nasabah adalah sumber keuntungan suatu perusahaan khususnya perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampelnya diambil secara purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang nilai-nilai Islam yaitu keadilan, kesederajatan dan kejujuran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas dan reliabiitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program spss 15.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara nilai-nilai Islam seperti keadilan, kesederajatan dan kejujuran terhadap loyalitas nasabah baik secara parsial maupun bersama-sama. Artinya meskipun Bank berbasis Syariah penerapan nilai-nilai Islam bukanlah merupakan faktor yang mepengaruhi loyalitas nasabah menabung di bank syariah namun ada beberapa faktor lain yang lebih mempengaruhi loyalitas nasabah yang tidak di teliti oleh peneliti. Implikasi penelitian ini adalah Bank Syariah harus mampu menonjolkan nilai-nilai Islam dalam segala bentuk aktivitasnya, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan nasabahnya. Kepercayaan merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga hubungan jangka panjang antara bank syariah dengan nasabahnya

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

dinamis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

DINAMIS: Journal of Islamic Mangement and Bussines is published and managed by Program Studi Manajemen Bisnis Syariah. The journal focuses on Accounting, Business, Economics, Finance and Management studies. It is published twice a year, April and October. The aim of the journal is to disseminate the ...