Sosio e-kons
Vol 10, No 2 (2018): Sosio e-Kons

Peranan Perempuan dalam Membangun Kinerja Koperasi Simpan Pinjam Berprinsip Syariah (Studi Kasus KSU Huwaiza Depok)

lindiawatie Lindiawatie (Pendidikan ekonomi fakultas ilmu pendidikan dan pengetahuan sosial Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Dhona Shahreza (Universitas Indraprasta PGRI)
Anita Ria (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2018

Abstract

Kebijakan  kesetaraan gender dalam SDGs adalah meningkatkan kualitas dan peran perempuan di berbagai bidang pembangunan. Salah satu pemberdayaan gender dalam pembangunan  adalah berdirinya koperasi simpan pinjam Huwaiza yang  dibentuk atas inisiatif kaum perempuan yang aktif dalam komunitas pengajian dengan sistem operasional syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan perempuan dalam membangun kinerja koperasi yang berlandaskan syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengambilan data melalui wawancara dan dokumentasi. Peran perempuan dalam membangun kinerja koperasi berprinsip syariah adalah  membagi tugas sesuai gender menurut prinsip kesetaraan gender dan non diskriminatif, mendorong fungsi  manajemen sebagai pengelola senantiasa meningkatkan kinerja dengan melibatkan saran dan masukan pengawas bidang manajemen, menjaga operasionalisasi koperasi supaya tetap berada di jalur syariah dengan melibatkan pengawas bagian syariah. Dengan terwujudnya  prinsip kesetaraan gender yang tepat melalui pembagian tugas yang bersifat non diskriminatif dan adil membuat koperasi syariah  mampu meningkatkan aset dan jumlah anggotanya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sosio_ekons

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Sosio e-kons memuat berbagai artikel ilmiah meliputi Ilmu Sosial, Ekonomi, Sejarah dan Bimbingan Konseling. Semoga jurnal ilmiah ini memberikan kontribusi dalam diseminasi keilmuan Ilmu Sosial, Ekonomi, Sejarah dan Bimbingan dan Konseling sehingga memberikan manfaat teoritis bagi ilmuan dan manfaat ...