Studi ini bertujuan untuk memberikan deskprisi mengenai ecoliteracy sebagai salah satu upaya untuk membangun green behaviour pada anak usia dini. Pada abad 21 pardigma isu yang berkembang berhubungan dengan isu-isu global salah satunya adalah isu tentang earth issue yang di dalam kajiannya terdapat kajian tentang pentingnya manusia untuk melindungi dan menjaga keseimbangan ekosistem. Pengenalan green behaviour melalui ecoliteracy sangat penting diberikan pada anak melalui peran orang dewasa. Anak harus mempunyai kesadaran dalam mencintai lingkungan sehingga ketika anak sudah mempunyai kesadaran untuk mencintai lingkungan maka anak dengan senang hati akan memperlihatkan perilaku untuk menjaga alam semesta. Pada studi ini, dilakukan kajian literatur terhadap berbagai sumber terkait ecoliteracy yang relevan dengan penanaman sikap green behaviour untuk anak usia dini. Hasil analisis kajian dari berbagai sumber ini kemudian dijadikan dasar dalam merumuskan sebuah strategi pengenalan sikap ramah lingkungan yang relevan untuk anak usia dini . Kata Kunci: Pengenalan green behaviour, ecoliteracy, anak usia dini
Copyrights © 2017