Cakrawala Dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3, No 2 (2012): November 2012

PENGARUH PENERAPAN METODE PROYEK TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Tin Rustini (Unknown)
Rohayati - (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  hasil temuan  penulis bahwa sebagian besar anak TK Bina Nusantara Desa Naluk Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang kurang berrminat dalam mengikuti  kegiatan pembelajaran secara berkelompok, salah satu penyebabnya adalah guru kurang menggunakan metode yang tepat, guru kurang melibatkan anak –anak  dalam bersosialisasi dengan anggota kelompoknya /temannya.Penelitian ini menggunakan “One group pretest postest design”  .Adapun sampel  penelitian ini adalah  satu kelompok (kelas eksperimen) dikenai 3 perlakuan  dari siswa kelas B1sejumlah 14 orang  terdiri dari 7 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan  kemampuan bersosialisasi siswa  kurang sebelum menggunakan metode proyek menggunakan metode klasikal  dengan  metode proyek denagn tiga kali perlakuan  semakin berkembang. Terdapat perbedan yang signifikan terhadap kemampuan bersosilisasi anak usia 5 – 6 tahun sebelum dan setelah 3 kali perlakuan  dengan  menggunakan metode proyek sangat berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan bersosialisasi   pada anak usia 5 – 6 tahun  di TK Bina Nusantara Desa Naluk Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.Kata kunci : Metode Proyek- Kemampuan bersosialisasi anak 5-6 tahun

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

cakrawaladini

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Cakrawala Dini is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. All topics that we received only articles relating to early childhood education fields. For research category, articles can be written using ...