Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan minat dan hasil belajar PKn materi ASEAN. Kompetensi dasar menjelaskan pengertian kerjasama negara-negara Asia Tenggara melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make - A Match pada siswa kelas VI SDN 04 Madiun Lor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase untuk mengetahui peningkatan variabel yang diteliti. Hasil penelitan menunjukkan bahwa terdapat upaya guru dalam meningkatkan minat dan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make - A Match. Model pembelajaran kooperatif tipe Make - A Match memunculkan strategi-strategi pemecahan masalah yang efektif. Ketercapaian pada setiap siklus terlihat pada keaktifan siswa saat proses pembelajaran demikian juga aktifitas guru. Setelah dilaksanakan tindakan evaluasi belajar siswa meningkat. Peningkatan hasil belajar tersebut dinyatakan dari rata-rata nilai pra tindakan 61,82, setelah dilakukan tindakan siklus I nilai rata-rata 67,05 ada peningkatan 5,23 persentase peningkatan ( 8,46%) , pada siklus II nilai rata-rata 83,86 ada peningkatan dari siklus I ke siklus II 16,81persentase 25,07%.
Copyrights © 2018