Journal Physical Education, Health and Recreation
Vol 1, No 1 (2016): Oktober

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAKBOLA DENGAN PENERAPAN VARIASI MENGAJAR MENGGIRING BOLA PADA SISWA/I KELAS VIII SMP KARTIKA 1 – 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Mahmuddin . (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kartika 1 – 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa penerapan variasi belajar yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP SMP Kartika 1 – 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan subjek penelitian sebanyak 27 orang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis pada penilaian proses maka diperoleh hasil analisisnya : Pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa dari 27 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 10 orang siswa (40,74%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 17 orang siswa (59,26%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 75,00. Pada siklus II dapat dilihat bahwa ternyata dari 27 orang siswa, terdapat 25 orang siswa yang tuntas (92,59%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 2 orang siswa (7,41%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 83,95.Penilaian hasil teknik menggiring bola yang dilakukan dengan menggiring bola dengan mengelilingi cone. Pada sirklus I rata – rata kelas VIII mampu menggiring bola mengelilingi cone selama 23,86 detik dimana termasuk dalam kategori cukup. Pada sirklus II rata – rata kelas VIII mampu menggiring bola mengelilingi cone selama 21,38 detik dimana termasuk dalam kategori baik.Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan variasi belajar dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Kartika 1 – 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpehr

Publisher

Subject

Physics Public Health

Description

Merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Medan, Jurnal ini membahas ilmu dibidang pendidikan jasmani, Kesehatan dan rekreasi. Journal Physical Education, Health and Recreation terbit 2 kali 1 tahun, terbitan pertama bulan oktober 2016. Artikel yang ...