Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran bola basket melalui modifikasi sarana prasarana untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Borg and Gall yang dimodifikasi dalam tahapan: 1) pengumpulan informasi melaui observasi, 2) mengembangkan produk awal, 3) evaluasi/validasi ahli, 4) uji skala kecil, 5) revisi model produk, 6) uji skala besar dan revisi, kemudian 7) hasil akhir produk/ model. Berdasarkan data hasil penelitian melalui modifikasi sarana dan prasarana pembelajaran bola basket bahwa dengan model pembelajaran ini DN siswa kelas V meningkat setelah penerapan, dari rata-rata 76.38 menjadi 127, 96 dengan total peningkatan 25 %. Hasil pengihitungan uji-t terhadap hasil penghitungan denyut nadi siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran bola basket yang telah dimodifikasi menunjukkan = 0,000 < 0,05 dan t-hitung = 19,05. Kesimpulan bahwa pengembangan model pembelajaran bola basket melalui modifikasi sarana prasarana efektif meningkatkan DN siswa kelas V sekolah dasar dari model pembelajaran yang diterapkan sebelumnya. Sehingga model pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan.
Copyrights © 2018