JURNAL PETIK
Vol 1, No 1 (2015): PETIK Vol 1 No. 1 Tahun 2015

PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Alifia Nurilmi Diansyah (institut pendidikan indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Proses pembelajaran yang kini banyak dilakukan, umumnya kurang mendorongkemampuan berfikir siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikir yang mereka milikiuntuk meningkatkan dan mempercepat proses pembelajaran. Hal ini berpengaruh padatingkat pemahaman yang dimiliki setiap siswa. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan sebuahmedia pembelajaran yang dapat menggiring siswa untuk lebih aktif dan partisipatif dalamkegiatan belajar. Salah satu cara meningkatkan kemampuan pemahaman siswa adalahdengan menerapkan multimedia interaktif model tutorial dalam proses pembelajaran.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan multimedia interaktif modeltutorial dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam mata pelajaran TIK.Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experimental dengan sampelpenelitian siswa kelas VIII A dan VIII D SMP Negeri 2 Tarogong Kidul dengan desainControl Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniberupa test (pre-test dan post-test), lembar observasi aktivitas guru dan siswa danmultimedia interaktif. Dari hasil penelitian terdapat perbandingan-perbandingan yangmenunjukkan bahwa peningkatan pemahaman kelas eksperimen lebih baik dibandingkandengan peningkatan pemahaman kelas kontrol dengan perbandingan rerata dari kelaseksperimen dan kelas kontrol adalah 0,63> 0,32. Berdasarkan analisis pada keseluruhantahapan penelitian diperoleh bahwa penerapan multimedia interaktif model tutorial terbuktiefektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, selain itu peningkatan hasil belajar siswadalam ranah kognitif di kelas eksperimen berada pada kriteria sedang dan lebih besar darikelas kontrol dan terdapat perbedaan rerata nilai siswa yang cukup jauh antarapembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif model tutorial dengan pembelajaranyang menggunakan metode konvensional

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...