JURNAL PETIK
Vol 3, No 1 (2017): PETIK Vol 3 No. 1 Tahun 2017

PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MTS

Irena Puji Luritawaty (institut pendidikan indonesia)
Reni Nuraeni (institut pendidikan indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Kemampuan komunikasi matematik yang masih rendahdi kalangan siswa menjadi latar belakang dilakukannya penelitianini. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektifitas modelpembelajaran Inside-Outside-Cirlce dalam upaya meningkatkankemampuan komunikasi matematik pada siswa. Populasi dalampenelitian ini yaitu siswa kelas IX di salah satu MadrasahTsanawiyah (MTs) swasta di kabupaten Garut, dengan sampel yaitusiswa kelas IXB dan IXC. Instrumen yang digunakan dalampenelitian ini yaitu berupa tes kemampuan komunikasi matematik.Instrumen tersebut digunakan dalam pretest dan posttest. Analisisdata yang dilakukan terhadap hasil pretest yaitu diawali dengan ujinormalitas kemudian uji Mann Whitney. Sedangkan pada hasilposttest, analisis data diawali dengan uji normalitas , ujihomogenitas, kemudian uji t. Secara garis besar, hasil penelitian inimenunjukan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematiksiswa yang memperoleh pembelajaran Inside-Outside-Circle lebihbaik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ceramahbiasa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...