JURNAL PETIK
Vol 2, No 2 (2016): PETIK Vol 2 No. 2 Tahun 2016

Pengembangan Sistem Pakar sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Fisiologi Hewan sub Materi Fisiologi Sirkulasi

Hudiana Hernawan (institut pendidikan indonesia)
Purnomo Sidiq (institut pendidikan indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia salahsatu penyebabnya adalah minimnya sumber bahan ajar yangdapat dimanfaatkan, baik oleh mahasiswa maupun dosen.Bahan ajar yang tersedia saat ini masih konvensional danbelum dapat meningkatkan minat dan motivasi mahasiswauntuk mempelajarinya. Disamping itu, metode pembelajaranyang dipergunakan selama ini masih menggunakan metodekonvensional. Kondisi ini akan membuat kesulitan danketidakmandirian mahasiwa yang pada gilirannya akanmenyebabkan rendahnya mutu pendidikan. Bahan ajaryang tersedia saat ini masih konvensional dan belum dapatmeningkatkan minat belajar mahasiswa. Tersedianya sumberbelajar yang ekonomis, praktis dan sederhana, fleksibel,relevan, dan memiliki nilai positif akan mendukung kegiatanpembelajaran yang lebih efektif serta memudahkan mencapaitujuan pembelajaran. Salah satu alternatif pemecahanmasalah ini adalah dengan memanfaatkan TeknologiInformasi. Teknologi informasi (Information Technology)meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaansebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasiyang menggabungkan komputasi komputer dengan jalurkomunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara,dan gambar. Salah satu produk Teknologi Informasi, yaituaplikasi Sistem Pakar. Produk ini dapat mengintegrasikanantara teknologi komputer dengan pembelajaran, tidak hanyatekstual tapi juga visual. Tujuan dari penelitian ini untukmerancang dan mengembangkan Sistem Pakar, sedangkanmanfaat yang diharapkan dapat dijadikan salah satu alternatifdalam penyediaan bahan ajar Fisiologi Hewan. Penelitian inimerupakan penelitian Research and Development yang terdiriatas dua tahapan, yaitu proses pengembangan Sistem Pakardan analisis produk. Hasil uji validasi produk, menurut ahlimedia dan ahli materi secara umum aspek produk penelitianyang dikembangkan sudah layak. Sedangkan validasipengguna, secara umum mahasiswa sangat senang, mudahmemahami, dan mudah mengoperasikan Sistem Pakar.Tanggapan mahasiswa terhadap produk Sistem Pakar untukkategori Quality of end-user interface design termasuk dalamkriteria baik (56,24%), kategori Engagement termasuk dalamkriteria sangat baik (64,90%), kategori Interactivity termasukdalam kategori sangat baik (63,90%), dan kategoriTailorability termasuk dalam kriteria baik (52,29%). Secarakeseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa SistemPakar dapat diterapkan dan layak digunakan sebagai mediapembelajaran untuk mahasiswa Pendidikan Biologi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...