JURNAL PETIK
Vol 4, No 1 (2018): Vol.4 No.1 Tahun 2018

Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis

bpk sudrajat (SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Alamat dan Kota)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2018

Abstract

PTK ini berjudul “Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Pemahaman  Konsep dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan  Lingkungan dalam Pembelajaran IPA  di Kelas VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis”. Penelitian ini dilakukan, karena masih banyak ditemukan di lapangan terutama di sekolah tempat peneliti bertugas bahwa pembelajaran IPA hanya dilaksanakan dengan melaui metode ceramah dan penugasan saja. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 61,50 atau di bawah nilai KKM. Begitu pun keterampilan proses sains dalam pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode eksperimen atau percobaan dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana tingkat pemahaman konsep siswa tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap  lingkungan setelah melalui metode eksperimen?; (2) bagaimana tingkat keterampilan proses sains siswa setelah diterapkannya metode eksperimen? Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan tiga siklus. Indikator dan pokok bahasan pada setiap siklusnya dikembangkan dan disesuaikan dengan materi IPA kelas VI Sekolah Dasar dengan KTSP 2006. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI tahun pelajaran 2016/2017 semester II, yang berjumlah seluruhnya 24 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jurnal Eksperimen, Observasi, Soal Tes Hasil Belajar, dan Angket. Adapun hasil yang diperoleh adalah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan  pemahaman  konsep dan keterampilan proses siswa tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan  lingkungan dalam pembelajaran IPA  di kelas VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 68,13; siklus I pertemuan 2 sebesar 72,29; siklus II pertemuan 1 sebesar 80,21, dan siklus II pertemuan 2 sebesar 85,83. Demikian pula dengan keterampilan proses sains siswa setiap siklusnya selalu mengalami peningkatan  terutama aspek mengamati.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...