Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH)
CIASTECH 2018 "Inovasi IPTEKS untuk mendukung Pembangunan Berkelanjutan"

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Sri Rahayuningsih (FKIP Universitas, Universitas Wisnuwardhana, Malang)
Indria Kristiawan (FKIP Universitas, Universitas Wisnuwardhana, Malang)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2018

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan hal pokok tentang kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, karena belakangan ini banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika dengan berbagai pengetahuan yang dimiliki sehingga mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Sedangkan dalam mempelajari matematika siswa dituntut untuk menggali pengetahuan dan memperlihatkan kemampuan berpikir kritisnya. Melalui pemaparan dari berpikir kritis pada artikel ini, guru hendaknya dapat mengetahui dan memahami pengertian dari berpikir kritis. dan dapat mengetahui kompetensi yang diperlukan untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam artikel ini merupakan studi literasi dari beberapa jurnal dan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli yang kemudian ditarik seuatu kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari kajian literatur dalam artikel ini adalah kemampuan proses berpikir yang dimiliki setiap individu dengan menggunakan penalaran dan akal pikiran yang logis untuk menyelesaikan masalah matematika yang dihadapi. Dengan demikian guru diharapkan dapat mengetahui kompetensi yang diperlukan untuk menilai atau mengevaluasi kemampuan berpikir kritis siswa sehingga dapat melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika.

Copyrights © 2018