Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 17 MEDAN T.P 2016/2017

Simamora, Rekina Natalia (Unknown)
Simatupang, Sehat (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning pada materi Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 17 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Negeri 17 Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian ini adalah uji t. sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil pengujian hipotesis, kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 17 Medan T.P. 2016/2017.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...