Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi momentum Dan impuls di kelas XI semester 1 MA Tanjung Beringin Serdang Bedagai T.P 2016/2017Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain two group design pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI MA Al- Washliyah Tanjung Beringin terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan cluster random sampling dengan jumlah sampel penelitian 2 kelas yaitu XI IPA.1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan kelas XI IPA.2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang.Dari analisa data pretes diperoleh rata â rata kelas eksperimen yaitu 8,1 sedangkan kelas kontrol 6,83. Data postes diperoleh siswa rata â rata kelas eksperimen yaitu 15,5 sedangkan di kelas kontrol 13,2. Uji normalitas pretes pada kelas eksperimen diperoleh L0 < L ( 0,156 < 0,161). Sedangkan pada pretes kelas kontrol L0 < L ( 0,1438 > 0,161), nilai kritis uji liliefors n = 30 adalah L = 0,161, uji normalitas pada postes kelas ekperimen L0 < L ( 0,0951 < 0,161) sedangkang pada kelas kontrol L0 < Ltabel (0,0971 < 0,161). Dari data tersebut dapat disimpulkan pretes dan postes kelas ekperimen dan pretes kelas kontrol berdistribusi normal karena L0 < L. Uji homogenitas dari dua kelompok kelas pretes diperoleh Fhitung  < Ftabel (1,15<1,86). Dan kelas postes Fhitung  < Ftabel (1,03<1,86) maka data penelitian berasal dari populasi yang homogeny karena Fhitung  < Ftabel. Untuk analisis data uji t pada pretes â ttabel < thit < ttabel atau â 2,002 < 1,763 < 2,002 berarti H0 diterima sedangkan pada postes diperoleh thitung = 3,06 > ttabel = 1,671 berarti Ha diterima dan H0 ditolak, berarti adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tps menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa MA Al-Washliyah Tanjung Beringin Tahun ajaran 2016/2017.
Copyrights © 2018