Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA POKOK BABASAN GERAK LURUS KELAS X SMAN 20 MEDAN

Tanjung, Ratna (Unknown)
Khadijah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan gerak lurus kelas X SMAN 20 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini ialah quasi eksperimen dengan desain Control group Pretest posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MS SMAN 20 Medan T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang mengambil 2 kelas, yaitu kelas X MS 2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X MS 3 sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,54 dan kelas kontrol 35,57. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh thitung < ttabel  dengan thitung =- 0,716 dan ttabel = 1,997, maka kemampuan awal kedua kelas sama. Setelah diberi perlakuan, diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen 73,80 dan kelas kontrol 60,82.  Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel dengan thitung = 7,47 dan ttabel  = 1,668 pada taraf  nyata 0,05 maka Ha diterima, sehingga ada pengaruh  model pembelajaran berdasarkan masalah menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan gerak lurus kelas X SMAN 20 Medan T.P. 2016/2017. Rata-rata nilai aktivitas belajar siswa adalah 74,12 termasuk dalam kriteria aktif.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jiaf

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, ...