An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah
Vol 5, No 1 (2018): An-Nisbah

PENGARUH BAURAN PEMASARAN (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION) TERHADAP PENJUALAN PRODUK HASIL PRODUKSI PETANI PADA PASAR TANI MEKAR JAYA KELURAHAN TOAPAYA

Hardiansyah, Raja ( STIE Pembangunan Tanjungpinang)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2018

Abstract

Abstract This study aims to determine the factors that affect the sale of agricultural products in the farm market mekar jaya kelurahan toapaya asri, case study on visitors who buy agricultural products in the farm market bloom jaya kelurahan toapaya asri. Number of variables studied are independent variable of product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4) to sales dependent variable (Y). method using regression analysis with sample amounted to 100 respondents taken using simple random sampling technique. The result showed that the coefficient of determination (R square) was 0.815. the contribution of product variables, price, place and promotion to sales is 81,5% (0,815 x 100%) while the remaining 18,5% is influenced by other factors not in carefully. Keywords: products, price, place, promotions, sales Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan produk pertanian di pasar tani mekar jaya kelurahan toapaya asri, studi kasus pada pengunjung yang membeli produk pertanian di pasar tani mekar jaya kelurahan toapaya asri. Jumlah variabel yang diteliti yaitu variabel independen produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4) terhadap variabel dependen penjualan (Y). metode menggunakan analisis regresi dengan sampel berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi (R square) adalah 0,815. kontribusi dari variabel produk, harga, tempat dan promosi  terhadap penjualan yaitu 81,5% (0,815 x 100%) sedangkan sisanya 18,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti.kata kunci: produk, harga, tempat, promosi, penjualan

Copyrights © 2018