PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN
PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN 2018 BUKU II

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ASURANSI TRAVEL PT ASURANSI AXA INDONESIA

Kusuma Ratih (Unknown)
Eleonora Sofilda (Unknown)
Dini Hariyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2018

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia telah mempengaruhi perilaku masyarakat dalam memilih tujuan untuk berwisata. Hal ini terlihat dari banyaknya acara tahunan seperti travel fair dan promo-promo dari maskapai penerbangan. Semakin mudahnya akses untuk melakukan pembelian tiket pesawat maupun hotel turut mendorong kalangan milenials untuk melakukan travelling keluar negeri. Dengan semakin meningkatnya jumlah masyarakat Indonesia yang bepergian keluar negeri menjadikan peluang PT Asuransi AXA Indonesia untuk memasarkan produk asuransi travel SmartTraveller. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi terbaik dalam memasarkan produk SmartTraveller. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Matriks IFE dan Matriks EFE dimana key factors didapatkan dari lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Selanjutnya dengan menggunakan Matriks SWOT digunakan untuk mendapatkan strategi-strategi terbaik dan melakukan in-depth Interview dengan VP Head of Distribution PT Asuransi AXA Indonesia untuk menemukan strategi yang tepat bagi perusahaan. Hasil dari penelitian ini bahwa inovasi di bidang digital tools, reform product yang dapat menaikan penerimaan premi dan melakukan cross selling dengan agen, broker, travel agent dengan memberikan skema menarik terhadap agen, broker, travel agent sebagai pemacu dalam penjualan asuransi travel. 

Copyrights © 2018