Media Mahardhika
Vol 16 No 2 (2018): jaNUARY 2018

Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Internet Financial Reporting (IFR) Di Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Surabaya (BES)

Kurniawati, Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2018

Abstract

Penggunaan internet dalam dunia bisnis saat ini berpengaruh terhadap bentuk tradisional penyajian informasi bagi perusahaan. Perkembangan tehnologi terutama internet  menciptakan cara baru bagi perusahaan dalam berkomunikasi dengan investor. Perkembangan teknologi  tersebut telah membawa dampak positif pada pola pikir masyarakat modern saat ini, seperti dalam pengungkapan bisnis dan performance perusahaan  melalui media cetak maupun media internet. Internet Financial Reporting (IFR) menjadi trend saat ini terutama dalam perkembangan informasi dan teknologi internet.  Penyajian informasi melalui IFR merupakan pengungkapan yang bersifat  sukarela sehingga hal ini akan berdampak pada adanya disparitas praktik IFR. Penyampaian informasi dengan menggunakan IFR menyebabkan pelaporan keuangan menjadi lebih cepat dan mudah diakses oleh siapa pun. kapan pun dan dimana pun. Sehingga  IFR  dipandang sebagai alat komunikasi  kepada pelanggan, investor, dan pemegang saham yang efektif dan efisien apabila dikaitkan dengan pengambilan keputusan oleh investor dan pengusaha dalam hal investasi dan pinjaman. Melihat besarnya manfaat IFR tersebut, maka perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi IFR saat ini sehingga penggunaan IFR tersebut tepat, efektif dan efisien sesuai dengan tujuan penggunaan informasi bagi para pengguna terutama  pengusaha dan investor. Dalam penelitianini menggunakan sampel sebanyak 50 perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Surabaya dari tahun 2014 hingga tahun 2016. dan metode yang digunakan dalam penelitian  ini adalah analisis regresi, uji koefisien regresi sederhana (uji t), dan uji koefisien regresi secara simultan (uji F) untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi IFR. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas  dan leverage. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap IFR adalah ukuran perusahaan sebesar 1.278 dan profitabilitas sebesar 0.052 sedangkan variabel persentase kepemilikan saham oleh publik sebesar 0.005 dan leverage sebesar 0,125 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Internet Financial Reporting.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mahardika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

MEDIA MAHARDHIKA is a peer-reviewed journal published by Department of Accounting, Faculty of Economics and Business, STIE MAHARDHIKA Surabaya Indonesia three times a year (Januari, May and September). MEDIA MAHARDHIKA aims to publish articles in the field of accounting and finance that provide ...