Pendidikan kesehatan adalah kegiatan menyampaikan pesan kesehatan padamasyarakat, kelompok, atau individu. Dalam penelitian ini pendidikan kesehatan yangdiberikan adalah yang terkait kesehatan reproduksi remaja. Penelitian ini bertujuanmenganalisis perbedaan pengetahuan siswi SMP Negeri 4 Tulakan sebelum dan sesudahdiberikan pendidikan kesehatan tentang Kesehatan Reproduksi Remaja.Penelitian ini dilaksanakan pada September 2016 di SMP N 4 TulakanKecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design. Dengan menggunakan rancangan penelitian one group pretestposttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas VII A dan B diSMP Negeri 4 Tulakan yaitu berjumlah 83 siswa dan siswi. Dan menggunakan tekniksampling total sampling dengan jumlah sampel 45 siswi. Penelitian ini menggunakanvariabel dependent yaitu pengetahuan siswi melalui pendidikan kesehatan tentangkesehatan reproduksi remaja. Design penelitian menggunakan pre-test posttest Design,dengan uji statistik Paired Test.Hasil penelitian didapatkan pengetahuan siswi sebelum mendapatkan pendidikankesehatan hampir setengahnya responden berpengetahuan cukup (48,89%). Danpengetahuan siswi sesudah mendapatkan pendidikan kesehatan sebagian besarberpengetahuan baik (51,11%). Dari hasil analisa menggunakan uji statistik Paired T-Testdengan taraf signifikasi 0,05 yaitu p = 0,000 sehingga p < α 0,05, maka H0 ditolak.Peneliti menyimpulkan bahwa pengetahuan siswi sesudah mendapat pendidikankesehatan tentang kesehatan reproduksi remaja mengalami peningkatan. Siswi diharapkanlebih memperbanyak pengetahuan dan menambah referensi tentang masalah terkait agardapat menerapkan dalam kehidupannya. Diharapkan untuk peneliti lain dapat melakukanpenelitian dengan pokok bahasan yang lebih luas serta melakukan uji statistik padamasing-masing faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan.
Copyrights © 2017